Apa itu Multimedia?
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,
animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001).
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat
diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan
informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi Multimedia
menurut beberapa ahli
Rosch, 1996 :
Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
McComick, 1996 : Multimedia
adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
Turban dan
kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media
input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar
Robin dan Linda, 2001
: Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
Steinmetz (1995, p2)
: Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah
media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak
tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan
yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya
tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
Vaughan (2004, p1) :
Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan
video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan
manipulasi digital.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di
definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan
Multimedia Communication.
Multimedia Content
Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation,
video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi
yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio,
graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
Media teks/tulisan
Media audio/suara
Media video
Media animasi
Media gambar
Media Interaktif
Media spesial effect
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media
cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan
material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
TV
Radio
Film
Media Cetak
Musik
Game
Entertainment
Tutorial
Internet
Dengan penggunaan
multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah
pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam
laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Computer Technology Research
(Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang
mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan
mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang
mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
Elemen Multimedia
Menurut Hofstetter
(2001, p16) komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
Teks
Teks merupakan elemen
multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah
jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling
kecil. Teks
merupakan cara yang
paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian
informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti
Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor
dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang
dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis
teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
Grafik (image)
Sangat bermanfaat
untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang
tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap
yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan
titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman
video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk
bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
Audio
Multimedia tidak akan
lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek
suara.
Format dasar audio
terdiri dari beberapa jenis :
WAVE
Merupakan format file
digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
MIDI (Musical
Instrument Digital Interface)
MIDI memberikan cara
yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang
dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
Video
Video menyediakan
sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat
menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan
dapat menggambarkan
emosi dan psikologi
manusia secara lebih jelas.
Animasi
Animasi adalah
simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer.
Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
Menurut Foley, Van
Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu
hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan),
tetapi animasi mencakup
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi
mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari
sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar