Multimedia Interaktif Dalam Proses Pendidikan di Indonesia
Kenapa Multimedia Interaktif diperlukan saat proses
pendidikan berlangsung?
Multimedia Pembelajaran interaktif merupakan suatu aplikasi
pembelajaran yang ditujukan untuk menyalurkan pesan pembelajaran berupa
pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan siswa dalam belajar sehingga secara sengaja proses
belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.Dengan demikian multimedia
pembelajaran interaktif adalah media yang dirancang agar siswa dapat belajar
secara mandiri, aktif dan terkendali.
Multimedia adalah suatu media sangat komplek yang
menggabungkan beberapa unsur media yang melibatkan teks, grafis, gambar, foto,
audio, video, dan animasi secara terintegrasi.
Apa Manfaat Multimedia Pembelajaran Interaktif?
Adanya multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dapat
membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain
pembelajarn yang kreatif maka diharpkan proses pembelajaran menjadi inovatif,
menarik, lebih interatif, lebih efektif, kualitas belajar belajar siswa dapat
ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan
saja, dan sikap dan minat belajar belajar siswa dapat ditingkatkan.
Apa kelebihan multimedia pembelajaran interaktif
dibandingkan media yang lain
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh
mata. Dengan bantuan multimedia maka dapat ditampilkan benda-benda seperti
kuman, bakteri, elektron, dll. dengan demikian benda-benda tersebut akan mudah
dipahami oleh siswa.
2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin
dihadirkan di sekolah. Dengan demikian kita dapat menyajikan benda-benda
seperti gedung, gajah, gunung, candi, rumah, dll. Sehingga memudahkan guru
dalam menyampaikan materi secara riil melaui gambar, movie atau animasi.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit,da
berlangsung cepat atau lambat. Adanya kemampuan ini maka guru dapat menyajikan
melaui gambar animasi atau movie tentang susunan atom, sistem tubuh manusia,
bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet-planer, berkembangnya bunga, dll.
4. Menyajikan suatu benda atau peristiwa yang jauh. melalui
multimedia maka guru dapat menghadirkan obyek-obyek seperti planet, bulan,
bintang, salju ke dalam ruang kelas.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya. Dengan
kemampuan ini maka guru dapat menyajikan peristiwa-peristiwa yang berbahaya
seperti ledakan bom, peluncuran roket, letusan gunung berapi, kebakaran,
binatang buas, racun, dll.
6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. Dengan
kemampuan ini maka pembelajaran dapat berlangsung secara menarik dan meningkatkan
motivasi belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar